INFO TERKINI

Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024, DLH Jatim bersama Anggota Forum CSR Jatim lakukan Kolaborasi Aksi Bersih Pantai di Pacitan

Di Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024, Pemerintah Jawa Timur mengelar aksi bersih sampah sepanjang pantai Pancer Door, gelar bersih pantai itu didukung para oleh Anggota Forum CSR Jawa Timur dan melibatkan seluruh OPD, TNI, Polri, Karyawan Swasta dan seluruh elemen organisasi masyarakat peduli lingkungan. Dalam aksi kolaborasi Bersih Pesisir Pantai Pancer Door ini, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemprov Jatim Jempin Marbun, ikut hadir secara langsung bersama rombongan, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, diikuti seluruh Forkopimda dan seluruh staf OPD se Kabupaten Pacitan (11/06/2024 ).

Usai sambutan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup ( DLH ) Pemprov Jatim, Jempin Marbun menyampaikan, di Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 ini, kita melaksanakan kegiatan bersih – bersih pantai di seluruh Jawa Timur. ” aksi bersih pesisir pantai Pancer door Pacitan ini merupakan bagian dari peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang digelar secara serentak. Selain itu juga sebagai upaya keterlibatan Indonesia menyongsong Net Zero Emission 2050 sesuai konvensi Paris. Aksi yang dilakukan diantaranya, penanaman pohon di sepanjang pesisir pantai Kabupaten Banyuwangi dan di Kabupaten Pacitan, ” ujarnya. Ia menambahkan, gelar bersih pantai ini adalah kegiatan kolaborasi antara Pemprov, Pemda, Badan Usaha, dan elemen masyarakat,” ujar Jempin Marbun

 
 
Perlu diketahui, gerakan bersih pesisir pantai dilaksanakan dengan melakukan pemungutan sampah yang ada disepanjang pantai Pancer Door. Usai dipungut sampah dipilah sesuai jenisnya. Untuk sampah organik langsung ditimbun dan untuk anorganik dikumpulkan untuk dibawa ke TPS. Yang lebih lagi kelompok peserta yang berhasil mengumpulkan sampah anorganik terbanyak, panitia memberikan hadiah dan door prize dari Anggota Forum CSR Jawa Timur. Adapun Anggota Forum CSR Jatim yang turut mendukung dari Bank Jatim, PT. Industri Kereta Api (INKA) Persero, PT. Pegadaian Kanwil XII Surabaya, PT. Indolakto - Purwosari, JTV, dan PLN Nusantara Power - Pacitan.
 
Kedepan kami berharap akan adanya lagi Kolaborasi atau kerja bersama antar Anggota Forum, agar terwujudnya sinergitas program mendukung kemajuan pembangunan daerah bersama di Jawa Timur.