INFO TERKINI

HM Sampoerna dan Pemkab Pasuruan Intens Tanam Pohon Demi Jaga Pasokan Air di Catchment Area

Pemerintah Kabupaten Pasuruan mengacungi jempol setiap perusahaan yang sangat peduli terhadap konservasi, salah satunya seperti yang dilakukan PT HM Sampoerna Tbk (Sampoerna).
Perusahaan yang bermarkas di Surabaya ini terus berkomitmen untuk menjaga ketersediaan air di Kawasan Gunung Arjuno dengan berbagai macam program.
Salah satunya penanaman pohon yang dilakukan di Hutan Cempaka, Wana Wisata Hutan Cempaka Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Kamis (11/7/2024).
Total ada 1051 bibit pohon yang ditanam di area tangkapan air (catchment area), mulai bibit tanaman buah seperti rambutan, durian dan nangka, hingga bibit tanaman penghijauan lainnya.
Penanaman tersebut merupakan bagian dari Kickoff Water Sustainability Program Tahun 2024/2025 dengan tema “The Best Water Stewardship For The Future.

Head of Suistainability PT HM Sampoerna Tbk, Imron Hamzah mengatakan Sampoerna sadar bahwa kelangkaan air bersih merupakan tanggung jawab seluruh penggunanya baik pelaku industri maupun masyarakat secara luas.
Untuk itu, pasokan air yang berada di daerah hulu harus tetap dijaga ketersediannya, sesuai dengan komitmen bersama pasca diraihnya sertifikasi Pemeliharaan Air Berkelanjutan atau Alliance of Water Stewardship (AWS) untuk fasilitas produksi di Plant Sukorejo sejak tahun 2019 lalu.
"Penanaman pohon ini jadi salah satu kegiatan yang kami lakukan secara berkelanjutan di wilayah tangkapan air seperti di Kawasan Hutan Cempaka ini. Bagian dari komitmen untuk kami mempertahankan sertifikat AWS," katanya.

Dijelaskan Imron, program AWS bukan hanya memastikan keberlangsungan water suistanibility di sekitar area perusahaan saja. Namun menyeluruh sampai di hulu dan hilir.
Caranya bagaimana? yakni memastikan aliran air bebas polusi dari catchment area sampai area produksi.  Bahkan ketika air tersebut dilepaskan ke luar, maka harus memenuhi baku mutu yang telah ditetapkan Pemerintah.
"Bebas sampah dan polusi. Bahkan setelah dipakai, air yang dilepaskan dari area tempat produksi ke luar area perusahaan harus memenuhu baku mutu atau peraturan yang berlaku," jelasnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pasuruan, Taufiqul Ghony menegaskan bahwa PT HM Sampoerna Tbk merupakan salah satu perusahaan besar di Pasuruan yang konsisten dalam urusan lingkungan.
Melalui CSR-nya, masyarakat dari berbagai pihak sudah merasakan manfaatnya. Terutama menjaga keseimbangan lingkungan dengan tetap melaksanakan program konservasi dan kegiatan positif lainnya.
"Apalagi Sampoerna sudah memiliki sertifikat proper hijau. Ini menjadi bukti bahwa perusahaan yang berdiri di suatu daerah bukan hanya berinvestasi. Tapi juga peduli pada lingkungan. Ini hebat," tegasnya. (emil)

Sumber dan Selengkapnya : https://www.pasuruankab.go.id/beritadislike/10593/pemkab-pasuruan-dan-sampoerna-intens-tanam-pohon-demi-jaga-pasokan-air-di-catchment-area

#csrjawatimur #forumcsrjatim