INFO TERKINI

PT Pelindo Terminal Petikemas dan Unusa Lanjutkan Kolaborasi Bangun Insenerator di Ponpes

PT Pelindo Terminal Petikemas (SPTP) kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung lingkungan yang bersih dan sehat di lingkungan pesantren melalui kolaborasi strategis dengan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa). Kolaborasi berkelanjutan ini dilakukan dengan pembangunan incinerator technology, alat pembakar sampah ramah lingkungan, juga water technology, sistem pengolahan air bersih yang telah dibangun sebelumnya. Peresmian kolaborasi antara kedua belah pihak berlangsung di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Sumber Anom Pamekasan. Bentuk kerja sama ini bertujuan membantu permasalahan pengelolaan sampah yang tidak memadai di pondok pesantren dan lingkungan sekitarnya, sekaligus memberikan akses yang lebih baik terhadap pasokan air bersih bagi para santri.

Muhammad Shiddiq, salah satu ustadz sekaligus pengurus Pondok Pesantren Bustanul Ulum Sumber Anom, menyampaikan bahwa adanya inovasi kolaborasi antara Unusa dan PT Pelindo Terminal Petikemas sangat membantu permasalahan lingkungan yang ada di Ponpes Bustanul Ulum, yakni sampah juga kebersihan air. Inovasi lingkungan tersebut juga membantu mensejahterakan kehidupan para santri.

Shiddiq juga mengapresiasi program edukasi lingkungan bagi para santri dalam proyek ini. Ia berharap kolaborasi ini dapat terus berlanjut sebagai upaya menciptakan lingkungan sehat dan lebih baik. Rektor Unusa, Prof. Ir. Achmad Jazidie, M.Eng., menyampaikan bahwa kolaborasi keberlanjutan ini bukan hanya sekedar upaya teknis untuk menyediakan fasilitas pengelolaan sampah dan air bersih, tetapi juga merupakan bagian dari misi pendidikan lingkungan bagi para santri.  “Kami ingin memberikan pemahaman yang mendalam kepada para santri tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan bagaimana pengelolaan sampah yang baik bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan dan kualitas hidup mereka, pun bagi lingkungan sekitarnya. Ini adalah investasi jangka panjang untuk generasi mendatang,” tambahnya.

Corporate Secretary PT Pelindo Terminal Petikemas, Widyaswendra, mengatakan bahwa bahwa kolaborasi ini tidak hanya berfokus pada penyediaan fasilitas fisik semata, tetapi juga memperhatikan aspek keberlanjutan utamanya kesejahteraan bagi para santri dan lingkungan sekitar pondok pesantren.

Sumber dan Selanjutnya : https://kominfo.jatimprov.go.id/berita/pt-pelindo-terminal-petikemas-dan-unusa-lanjutkan-kolaborasi-bangun-insenerator-di-ponpes